Your Ad Here

Cari by Google

23.6.09

Mitos ibu menyusui

Bila ibu menyusui, biasanya muncul memiliki berbagai nasihat dan saran larangan. Ini mungkin tidak, harus, dan sebagainya. Tapi terkadang hanya mitos, lho. terutama mitos dan fakta tentang menyusui?

Mitos: Sebelum menyusui, ASI yang keluar harus dibuang pertama pratinjau.
Fakta: Tidak perlu untuk dihapus. ASI yang pertama keluar adalah kolostrum yang mengandung banyak zat untuk kekebalan tubuh antibodi. Sebelum menyusui, ibu menyusui Mei menyebar ke puting susu dan sekitarnya untuk membunuh bakteri.

Mitos: menyusui hangat.
Fakta: Tidak ada istilah ASI basi selama ASI ada di payudara ibu. menyusui selalu dilindungi dalam keadaan tidak begitu di payudara lelah atau mungkin karena suhu dingin selalu konsisten dengan tubuh. Menyusui tidak dianjurkan untuk menjadi lebih lama jika dibiarkan dalam suhu ruangan lebih dari 8 jam. Namun, bila disimpan dalam lemari es dapat bertahan 2 minggu, bila suhu di dalam lemari es, dapat bertahan 2 bulan.

Mitos: Makanan pedas dan santan terjepit dari ibu konsumsi dapat menyebabkan bayi diare.
Fakta: Tidak ada bayi diare terjadi hanya karena makanan yang dikonsumsi oleh ibu. Namun, jika ibu tidak mengonsumsi makanan yang terlalu bersemangat untuk bayi yang juga telah menjadi penuh dengan air.

Mitos: ibu menyusui sebaiknya tidak minum es karena dingin bayi.
Fakta: Hal ini tidak berhubungan sama sekali. Suhu di payudara menyusui masih hangat 37 derajat celsius. Apapun yang dikonsumsi ibu akan diserap ke dalam darah yang diproduksi menyusui.

Mitos: Selama menyusui, ibu harus makan dua porsi lebih.
Fakta: Sebenarnya tidak terjadi. Yang paling penting adalah seimbang konsumsi. Bila Anda merasa lapar ibu sendiri, tetapi berhenti ketika Anda puas. Perhatikan keseimbangan dan kecukupan gizi. Ibu seharusnya tidak mempengaruhi komposisi diet dan karena produksi ASI juga akan berkurang.

Mitos: payudara yang menyusui berarti berlimpah.
Fakta: Tidak benar. Menandakan jumlah besar payudara lemak yang mendukung. Kurang lebih tergantung pada produksi ASI ASI gudang dimana terdapat kelenjar-kelenjar susu yang menghasilkan menyusui. Setiap ibu memiliki banyak kelenjar kurang lebih sama.

Mitos: payudara jadi kendur bila menyusui.
Fakta: Justru proses menyusui membuat payudara jadi kencang. Hal ini disebabkan oleh kontraksi dari otot-otot dan kelenjar payudara.

Mitos: Bayi dengan ASI eksklusif akan susah diberi makanan pendamping.
Fakta: Justru bayi ASI eksklusif akan lebih mudah menerima variasi rasa makanan pendamping. Pada bayi yang ASI ada rasa yang variatif.

Mitos: Setelah ibu bekerja, akan mengurangi produksi ASI.
Fakta: Tidak selalu. Bagaimana caranya, sebelum dan sesudah bekerja, ibu-ibu tetap memberikan ASI langsung kepada bayi, sedangkan ibu bekerja, ASI dikeluarkan dengan tetap diperah setiap 3 bulan sekali. Jika hanya diperah saja tanpa disusukan langsung, produksi akan berkurang karena isapan bayi dapat merangsang otak bekerja untuk menghasilkan hormon prolaktin.