Your Ad Here

Cari by Google

30.7.09

Migraine


Migrain adalah sakit bagian kepala yang biasanya terjadi dalam beberapa jam saja namun ada juga yang sampai berhari-hari. Migrain yang terjadi pada wanita ,umumnya pada usia 20 sampai 45 tahun. Bahkan ada yang kena migrain ketika mulai haid dan masa menopause. Para ahli menyebutkan ada hubungan antara migrain dan naik turunnya hormon estrogen perempuan. Perempuan yang menggunakan kontrasepsi oral juga lebih sering mengalami migrain. Sakit kepala migrain disebabkan oleh kombinasi dari pembesaran pembuluh darah dan melepaskan zat-zat kimia dari sel-sel saraf sekitar pembuluh darah tersebut.
Selama sakit kepala, arteri membesar yang terletak pada bagian luar tengkorak di bawah kulit pelipis. Ini yang menyebabkan zat kimia dilepaskan yang mengakibatkan radang, sakit kepala dan pembesaran arteri
Ada beberapa pemicu yang potensial menimbulkan migrain yaitu: perubahan pola tidur atau tidur yang tidak teratur, terkena asap rokok, alkohol, sirkulasi menstruasi yang tidak teratur, hormon yang fluktuatif selama menopause, makanan yang mengandung tyramine seperti anggur merah, hati ayam, ikan asap, beberapa kacang-kacangan, monosodium glutamat (MSG) serta makanan yang mengandung nitrat seperti lemak babi, hot dog dan semacam sosis.
Sirkulasi menstruasi yang tidak teratur, hormon yang fluktuatif selama menopause merupakan penyebab mengapa wanita lebih banyak mengalami migrain jika dibandingkan pria. Untuk mengurangi terjadinya migrain adalah berusaha untuk mempunyai kebiasaan teratur dan olah raga yang cukup sehingga kehidupan tidak tertekan (stess).