Your Ad Here

Cari by Google

27.7.09

Tips meluruskan rambut?


Orang terlahir dengan rambut keriting dan ingin mengubah penampilan dengan meluruskan rambutnya,
ada beberapa Tips untuk meluruskan rambut anda :

  1. Sisir rambut Anda sebelum mandi. Bila rambut Anda tebal dan membentuk kelompok-kelompok atau gumpalan, sisirlah sampai semuanya terurai bebas.
  2. Keramas rambut dengan sedikit shampo, sekitar satu sendok makan saja, dan terapkan pada kulit kepala saja untuk membersihkan dan menyingkirkan sisa kotoran. Gunakan kondisioner lebih banyak dari biasanya untuk melembabkan rambut, dan melindunginya dari panas. Oleskan pada rambut, dari kulit kepala hingga ke helai-helai rambut. Setelah itu bersihkan dengan air dingin, untuk membantu melembutkan kantung rambut.
  3. Satukan rambut Anda, Sisir dengan sisir bergigi jarang (jangan sikat rambut) agar tidak kusut.
  4. Ambil sikat rambut model bundar dengan pegangan yang sama, lalu lakukan blow drying. Gunakan pengaturan panas sedang, namun aliran udara bisa di-set ke "high" (bila blow dryerblow dry rambut di bagian tengkuk, dari bawah (ujung rambut) ke atas (pangkal rambut). Jika rambut sangat tebal, pisahkan menjadi lima bagian, meskipun Anda hanya memerlukan dua bagian. Tarik ujung rambut dengan sikat rambut, lalu keringkan dengan blow dry ke arah atas. Lakukan sampai rambut benar-benar kering.Memang memiliki pilihan tersebut).
  5. Pisahkan rambut Anda, dan mulailah memanaskan rambut dengan flat-iron (setrika rambut) hingga ke tingkat kedua atau ketiga terpanas untuk rambut yang tebal, atau pengaturan yang lebih rendah untuk rambut yang lebih tipis. Sambil Anda menunggu flat-iron memanas, aplikasikan semprotan atau serum pelindung panas pada rambut.
  6. Kelompokkan lagi rambut Anda, kali ini keringkan rambut dari bagian pangkalnya lebih dulu. Jepit helaian rambut dari pangkalnya dengan flat-iron, lalu tarik hingga ke ujung rambut. Bengkokkan setrika rambut ke arah dalam (pada ujung rambut) untuk memberi kesan rambut jatuh lebih lembut. Jepit masing-masing kelompok rambut, dan lakukan masing-masing hingga 5 kali agar terlihat lebih lurus. Jika Anda sudah siap dengan flat-iron 5 kali dan helaian rambut masih terlihat bergelombang atau ikal, tunggu hingga rambut menjadi dingin, dan sementara itu pindahlah ke helaian rambut yang lain. Anda boleh saja menggunakan krim pada setiap helai rambut untuk melembabkannya, namun jangan menggunakan terlalu banyak karena rambut akan terlihat berat.
  7. Minta bantuan orang lain untuk mengerjakan rambut bagian belakang, atau gunakan cermin di belakang kepala untuk melihat apakah rambut Anda masih bergelombang. Setelah puas, sikat atau sisir rambut Anda, lalu gunakan sedikit krim pada lapisan teratas. Sekali lagi, jangan menggunakannya terlalu banyak.

Saran :

  • Bila memang berniat membeli flat-iron atau hair straightener, membeli yang berkualitas baik.
  • Jangan meluruskan rambut setiap hari, karena rambut akan menjadi sangat kering. Maksimal, dua kali seminggu.
  • Konsultasikan pada hairstylist mengenai krim yang cocok untuk rambut Anda.
  • Lebih baik jika Anda tidak membuat rambut Anda superlurus. Biarkan ujung-ujungnya tetap curly supaya terlihat natural.
  • Jangan menggunakan flat-iron pada rambut yang lembab atau basah. Ini sama dengan "merebus air" pada rambut yang basah.
  • Jangan membiarkan flat-iron tetap aktif. Segera switch ke off, lalu cabut colokannya.
  • Jangan mengeringkan rambut dengan handuk, karena membuat rambut kusut dan makin keriting.
  • Karena proses meluruskan rambut ini cukup lama, Anda bisa melakukannya malam sebelumnya.