Your Ad Here

Cari by Google

25.7.09

Balita Anda sekolah hari pertama


Melepas balita sekolah untuk pertama kalinya, merupakan momentum yang membahagiakan sekaligus mendebarkan. Sekolah adalah dunia luar, bisakah balita survive di sana? Meski pihak sekolah menyarangkan orangtua mempercayakan anaknya kepada mereka, orangtua tetap menjadi penentu keberhasilan anak menjalani tahun pertama di sekolah. Apa yang bisa kita lakukan?
Berikut ini mungkin bisa menjadi panduan untuk Anda.
  • Tidur Malam Cukup. Jika balita terbiasa tidur malam, 2 minggu sebelum sekolah buat jadwal tidur baru. Tidur lebih awal membuatnya cukup istirahat, segar dan siap sekolah esok harinya.
  • Ajarkan Berkomunikasi. Penting bagi balita untuk bisa menyampaikan keinginanya kepada guru, misal, ingin pipis atau belum mengerti pelajaran. Ajarkan dia mengatakannya dengan kalimat sempurna, bukan baby talk.
  • Belajar Praktis. Bantu anak mengurus diri sendiri sehingga tidak selalu merepotkan guru. Misal sediakan kotak makan minum yang mudah dibuka, dan memakai bajunya sendiri.
  • Ajarkan Sopan Santun. Jika Anda terbiasa mengucapkan "tolong," "permisi," "terima kasih," antri dan berbagi akan ditiru balita.
  • Buat Iklim Belajar. Masukkan unsur belajar dalam kegiatan sehari-hari. Misal ketika melihat kucing di jalan, tanyakan ke anak "Ada berapa kucingnya? Kita hitung, yuk." Bisa juga rekreasi ke tempat hiburan bersifat edukatif seperti museum, perpustakaan, planetarium atau membeli buku sesuai minatnya dan membaca bersamanya.
  • Biasakan Rapi dan Teratur. Sediakan tempat khusus untuk perlengkapannya dengan mainannya. Ajarkan anak membereskan ke tempatnya setelah dipakai.
  • Buat Rutinitas. Pelajari bersama jadwal dan aktivitas di sekolah, supaya segala sesuatu dapat dipersiapkan dengan baik.