Your Ad Here

Cari by Google

21.7.09

JANGAN HINA ANAK-ANAK


Tidak semua nama julukan bernada positif bahkan ada yang diberikan dengan tujuan untuk mencemooh. Seperti, anak yang kurus lantas dipanggil Cacing, kulit si kecil yang berwarna gelap diberi julukan "Si Blacky", rambut anak yang keriting diberi nama Si Kribo atau Brekele. Tidak jarang, pula yang berunsur SARA. Anak berhidung supermancung mendapat julukan "Si Arab", "Cina" untuk Si Sipit, dan "Si Batak" karena asalnya dari Medan. Anak-anak pun kerap dipanggil atas nama orangtuanya. Misal, nama aslinya Iksan tapi dipanggil Saidi karena itu nama ayahnya.
Apakah nama julukan seperti itu bisa memengaruhi tumbuh kembang anak? Jawabnya tergantung pada karakter anak. Ada anak yang tetap enjoy meski mendapat julukan buruk dari temannya, tapi ada juga yang tersinggung (biasanya yang berkarakter pemalu dan sensitif). Nah, yang perlu diwaspadai tentu anak yang tidak menerima julukan yang diberikan kepadanya. Kalau terus-menerus diledeki, konsep dirinya bisa menjadi negatif. Ia merasa sebagai anak tak berguna dan akhirnya menarik diri dari lingkungan. Prestasi belajarnya menjadi tidak optimal dan tidak menutup kemungkinan ia dendam sehingga sering ajang saling ledek berbuah konflik yang berujung perkelahian.
Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan orangtua saat anak menjadi korban "julukan":
  • Lihat bagaimana reaksi anak mendapat nama julukan tadi. Tersinggung, biasa saja, atau justru senang. Masing-masing reaksi membutuhkan penanganan tersendiri.
  • Jika anak merasa terganggu, cobalah berikan solusi dengan berperilaku cuek. Respons berlebihan seperti marah kadang membuat orang semakin senang untuk meledek. Dengan berperilaku cuek, si peledek akan bosan sendiri dan menghentikan ledekannya.
  • Coba ajari dia agar bersikap asertif dengan meminta anak mengungkapkan perasaan ketersinggungannya misal, "Aku enggak suka kalau kamu memanggil aku Si Gajah!"
  • Tanamkan agar anak tidak meledek anak lain. Siapa tahu di diledek karena dia sendiri senang meledek orang lain. Bila ia tidak bersedia diledek, minta ia untuk menghindari kebiasaan itu juga.
  • Jadilah teladan yang baik. Jangan memberi nama "baru" pada tetangga. Contoh Pak Darsin dibilang Pak Kentung karena perutnya yang buncit.
BEDA LABEL, BEDA JULUKAN
Memang ada sedikit kemiripan antara label dan nama julukan. Keduanya sama-sama merupakan penilaian seseorang kepada orang lain. Bedanya julukan adalah memberi nama lain selain nama aslinya sebagai kehormatan ataupun ledekan. Posisi pemberi nama julukan juga umumnya sejajar. Label umumnya diberikan oleh orang-orang "di atas" anak seperti orangtua, guru, dan lain-lain dan berisi kata sifat yang menggambarkan perilaku anak. Contoh, kalau anak tidak bisa menguasai pelajaran dengan cepat langsung dilabel sebagai anak bodoh, anak yang memecahkan piring dicap anak nakal, dan sebagainya.