Your Ad Here

Cari by Google

3.7.09

Ketika Bau Mulut Menyerang Anda!

Anda boleh saja merasa puas setalah menyantap hidangan favorit beraroma bawang yang disajikan saat makan malam. Namun kepuasan itu harus dibayar mahal keesokan paginya ketika bertemu dengan beberapa rekan Anda di kantor.

Saat berdekatan dan berbicara akrab, teman Anda mengkerutkan dahi dan langsung mengambil jarak tanda merasa tidak nyaman. Ada apakah gerangan? Adakah yang salah dengan diri Anda?

Bau tak sedap yang berasal dari mulut Anda bisa jadi penyebabnya. Bau mulut atau secara medis disebut halitosis memang terkadang sangat mengganggu saat berinteraksi sosial. Atau bahkan bisa jadi pembawa bencana ketika Anda berkencan dengan sang kekasih.

Nafas tak sedap sebenarnya dapat dilacak dari sesuatu yang Anda makan. Jenis-jenis makanan yang beraroma kuat seperti ikan, hidangan berbumbu (bawang, pastrami, cabai, salami atau peperoni), makanan berlemak khususnya daging dan produk susu, dapat memicu reaksi kimia dalam perut yang menyebabkan paru-paru mengeluarkan bau tak sedap.

Menurut para ahli, biasanya bau tak sedap ini akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 24 hingga 48 jam. Anda bisa mengurangi bau ini untuk sementara waktu dengan cara menggosok gigi atau berkumur. Namun upaya itu hanya untuk menyamarkan saja hingga bau tak sedap ini benar-benar hilang.

Penyakit Gusi
Nafas tak sedap juga bisa disebaban oleh beragam penyakit gusi seperti gingivitis dan periodontitis . Jika Anda mengalami masalah ini, segeralah untuk membiasakan diri menggosok gigi dengan benar dan melakukan flossing (membersihkan dengan benang khusus). Selain gigi dan gusi, jangan lupa pula untuk membersikan lidah. Berkumurlah dengan air atau
obat kumur non-alkohol. Jika Anda merokok, bau mulut dapat dijadikan alasan yang tepat untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

Nafas tak sedap sebaiknya tidak dibiarkan karena akan berpotensi menjadi halitosis kronis. Untuk mengetahui apakah Anda mengidap bau mulut kronis ada sebuah tips mudah yang bisa Anda praktikan. Ambilah sebuah bola kapas dan gosokkan ke sekitar gigi, gusi dan mulut. Lalu cium bola kapas tersebut. Bila aroma bau busuk muncul berarti Anda tengah menghadapi masalah.

Para ahli mencatat, sekitar 90 kasus bau mulut kronis disebabkan oleh berkembang biaknya bakteri di bagian bawah lidah Anda. Bagian ini memang sangat rawan karena seringkali dilupakan saat Anda menggosok gigi. Bakteri sangat gemar hidup dan berkembang biak di tempat gelap dan sulit dijangkau dalam mulut. Oleh karena itulah flossing menjadi penting artinya karena dapat mengikis plak dan bakteri yang tumbuh di sela-sela gigi.

Dalam mulut yang sehat, sel-sel mati akan terkelupas secara alami lalu tertelan bersama air liur dan tercerna tanpa menyebabkan bau mulut. Tetapi dalam mulut yang tak sehat, bakteri dan plak menumpuk akibat sisa makanan. Kondisi ini dapat menurunkan jumlah alir liur. Alhasil, mulut akan terasa kering dan aroma nafas pun menjadi bau.

Bagi Anda pengidap bau mulut kronis, ada empat tahap aktivitas yang dianjurkan para dokter gigi dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Empat rutinitas wajib tersebut adalah membiasakan diri membersihkan mulut, melakukan flossing setiap hari, menggosok gigi tiga kali sehari dengan sikat dan pasta gigi yang tepat, serta menggunakan pembersih lidah (tongue scraper).

Penyebab lain
Bau mulut juga bisa disebabkan oleh kondisi genetika. Untuk menangani masalah ini dibutuhkan cara pembersihan khusus dan program perawatan gigi yang tepat melalui dokter gigi Anda. Perlu diingat pula, kebiasaan merokok, penyakit tertentu seperti diabetes dan gagal liver atau pun pengobatan medis dapat menyebabkan bau mulut.

Bagaimana pun dokter gigi adalah konsultan terbaik yang bisa menentukan apakah bau mulut yang Anda alami disebabkan penyakit atau masalah genetika. Dengan dukungan teknologi yang semakin maju, para dokter gigi kini memiliki alat khusus yang dapat mengukur kandungan sulfur atau belerang yang menguap dalam mulut Anda. Hal ini dapat menjadi acun dalam menentukan dan memonitor masalah yang tengah Anda alami.