Your Ad Here

Cari by Google

25.8.09

Tips Berbelanja Barang bebas pajak


Jangan mudah tergiur dengan klaim barang bebas pajak di bandara internasional. Anda perlu teliti dan tahu informasi terbaru untuk bisa dapat keuntungan maksimal. Kebanyakan orang yang bepergian dengan penerbangan internasional umumnya punya tiga pilihan ketika membeli barang bebas pajak. Bisa di terminal keberangkatan, dalam pesawat, atau di terminal kedatangan. Secara logis, orang berpikir harganya pasti sama dan tidak membuat perbandingan, tetapi itu salah besar.

Kadang-kadang untuk barang yang sama ukuran, merek dan tipe, harganya bisa amat berbeda. Maka, Anda perlu membuat perhitungan sebelum mengeluarkan uang. Tidak percaya? Coba saja lakukan survei kecil-kecilan saat Anda bepergian. Berikut ini hasil amatan asiatravel.com beberapa waktu lalu, khusus untuk jalur penerbangan Hong Kong ke Bangkok. Rokok Mild Seven di dalam pesawat harganya 12 dollar AS, di Hong Kong International Airport (HKIA) rokok ini dihargai 120 dollar Hong Kong atau setara dengan 14,8 dollar AS, dan di Bangkok International Airport (BIA) harganya 480 bath Thailand atau sekitar 12,2 dollar AS. Dengan membeli langsung saat penerbangan (dalam pesawat) Anda menghemat 2 dollar AS per pak isi 200. Untuk barang berharga murah seperti rokok perbedaan harganya kecil namun tetap saja layak diperhitungkan.

Sekarang, coba bandingkan dengan barang yang harganya lebih besar seperti sebotol Chivas Regal Royal Salute. Dalam penerbangan Anda mengeluarkan uang 62 dollar AS, di HKIA 800 dollar Hong Kong (sekitar 103 dollar AS), dan di BIA harganya 5.320 bath (sekitar 136 dollar AS!!!). Sangat besar bukan? Dengan jumlah uang yang Anda keluarkan untuk sebotol Chivas Regal di BIA, Anda bisa beli dua botol di pesawat.

Namun Anda perlu ingat bahwa stok barang di pesawat terbatas. Jika pesawat tidak memiliki stok barang yang Anda harapkan, Anda tidak punya pilihan kecuali membeli saat sampai di terminal kedatangan. Perlu diketahui juga bahwa harga-harga berubah setiap waktu, jadi pastikan Anda punya informasi terbaru yang memadai sehingga Anda bisa menghemat uang Anda!