Your Ad Here

Cari by Google

26.11.09

Tips hilangkan bau aroma khas kambing

Lebaran Haji ini identik dengan pemotongan daging kurban, yang kebanyakan berasal dari kambing. Daging kambing memiliki aroma khas (bau peregus) yang kurang disukai banyak orang. Ini disebabkan oleh feromon yang dihasilkan oleh tubuh kambing, terutama kambing jantan.

Berikut langkah – langkah menghilangkan bau aroma khas kambing :

Bau prengus daging kambing bisa dihilangkan dengan cara didihkan air, lalu masukkan daging kambing. Biarkan hingga berbuih, lalu buang buihnya hingga habis.
Selain itu, aroma ini bisa dilawan dengan penambahan bumbu rempah yang banyak, misalnya, lada, cengkih, pala, kayu manis, dan klabet. Itu sebabnya daging kambing amat cocok untuk diolah ke dalam masakan kari atau aneka gulai.


Jika untuk sup kambing, sebaiknya ditambahkan cengkih, pala, dan lada yang agak banyak. Daging kambing yang tidak memiliki aroma khas ada pada kambing muda, yaitu kambing yang sudah dipotong sebelum berumur 3 bulan.

Nah, hidangan daging kambing akan makin nikmat jika dagingnya juga empuk. Agar tidak liat saat dikonsumsi ini caranya. Merebus daging sampai matang dan empuk memang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Apabila memiliki panci presto atau panci bertekanan, tentu memasak daging cukup 15 menit saja dengan tekanan penuh. Namun, bila tidak ada panci tersebut, Anda bisa menggunakan daun pepaya.