Your Ad Here

Cari by Google

23.1.10

Waspada... obat berbahaya bagi kesehatan jantung

WASHINGTON -Otoritas kesehatan Eropa menyerukan untuk menghentikan penggunaan sejumlah obat diet keluaran Abbot Laboratories Inc. Pasalnya, obat-obatan itu berkaitan dengan risiko serangan jantung. Obat diet yang dimaksud adalah yang bermerek dagang Reductil, Reduxade, dan Zelium.

Menurut Badan POM Eropa, obat-obatan ini mengandung sibutramine yang disebut mereka: risikonya lebih besar ketimbang manfaatnya. Mereka menyarankan para dokter untuk tidak lagi merekomendasikan obat-obatan itu pada para pasiennya. Sementara itu, Komisi Eropa dalam waktu dekat akan merekomendasikan agar seluruh obat-obatan itu ditarik dari peredaran.

Di Amerika Serikat, otoritas pengawasan obat dan makanan Food and Drug Administration (FDA) juga menyerukan hal yang sama. Menurut mereka, penggunaan obat-obatan ini ditengarai meningkatkan serangan jantung dan stroke pada orang-orang dengan gangguan jantung.

FDA dalam keterangan tertulisnya menyatakan Abbott sudah setuju dengan imbauan mereka untuk tidak menggunakan obat-obatan itu pada pasien dengan riwayat penyakit jantung. Dalam waktu dekat, mereka akan mengadakan pertemuan dengan komite penasihat publik tentang langkah apa yang selanjutnya harus ditempuh.