Your Ad Here

Cari by Google

16.1.10

Gerhana Matahari Cincin - 2010

Gerhana matahari 15 JANUARI 2010 mengundang rasa penasaran warga Bandung, Jawa Barat, untuk menyaksikan fenomena alam tersebut. Ratusan warga sengaja mendatangi observatorium Boscha di Lembang untuk melihat peristiwa langka ini.

Pengelola Boscha menyediakan sejumlah teropong agar para pengunjung dapat melihat peristiwa ini. Sementara bagi yang belum kebagian melihat lewat teropong, sebagian pengunjung memilih menggunakan kacamata khusus untuk melihat gerhana matahari. Para pengunjung pun cukup terpuaskan dengan fenomena yang dilihat meski gerhana matahari yang dapat disaksikan di obervatorium Boscha hanya sebesar 10 persen.

Sementara di Varkala, India, fenomena gerhana mulai terlihat pada pukul 11.00 waktu setempat. Orang-orang berkumpul di tepi pantai untuk menyaksikan fenomena alam tersebut. Gerhana matahari akan melewati Afrika Tengah, Samudera Hindia, dan sebagian wilayah Indonesia. Di Indonesia, gerhana terlihat mulai pukul 14.30 WIB hingga 17.00 WIB di wilayah Sumatra, Kalimantan, sebagian Pulau Jawa, dan Sulawesi. Gerhana yang disebut paling lama di abad ini berlangsung selama 11 menit 8 detik
Gerhana matahari cincin bisa dilihat di beberapa wilayah dunia. Di Varkala, India, fenomena gerhana mulai terlihat sejak pukul 11:00 waktu setempat. Orang-orang berkumpul di tepi pantai untuk menyaksikan fenomena alam tersebut.

Gerhana matahari juga terlihat jelas di wilayah Afrika Tengah, Samudera India, Myanmar, dan Cina. Gerhana juga melewati beberapa wilayah di Indonesia seperti Sumatra, Kalimantan, dan sebagian wilayah Jawa dan Sulawesi, namun tidak terlihat jelas, karena sebagian wilayah tertutup awan.
Gerhana matahari di kawasan Masjid Raya Baiturrahman, misalnya, warga menyaksikan gerhana matahari mulai pukul 15.20 WIB dan mencapai puncaknya pukul 15.35 WIB. Gerhana matahari berakhir sekitar pukul 16.05 WIB.

Di Serang, Banten, ratusan warga menyambut gerhana matahari dengan menggelar doa dan salat gerhana di Masjid Al Manar dan Masjid Agung At Sauroh. Salat ini dilakukan sebagai rasa syukur terhadap gejala alam yang telah diberikan Allah. Usai salat gerhana warga juga memanjatkan doa.

Kendati diselimuti awan, gejala gerhana tidak terlihat jelas. Namun itu tidak menyurutkan antusias warga untuk memanjatkan doa dan salat gerhana matahari. Gerhana yang terjadi pukul 15.55 WIB tersebut membuat warga keluar rumah untuk menyaksikan fenomena alam tersebut.

Sementara di Sumedang, Jawa Barat, ratusan pelajar antusias melihat langsung gerhana matahari di stasiun pengamatan antariksa di kota yang terkenal dengan tahunya itu. Mereka tidak mau melewatkan gerhana matahari cincin selama 11 menit yang baru bisa dilihat kembali pada 3043.

Sebelum melihat langsung, siswa memperoleh penjelasan langsung mengenai gerhana matahari dan fenomena antariksa lainnya. Mereka mengaku senang bisa melihat langsung gerhana matahari karena biasanya mengetahui gerhana matahari ini dari buku pelajaran.

Gerhana matahari siang tadi berlangsung selama 15 menit. Kondisi bulatan matahari tertutup bulan hampir separuh atau sekitar 45 persen, namun berpangaruh pada sinar matahari ke bumi.