Your Ad Here

Cari by Google

19.1.10

Smartphone

Sebuah smartphone adalah sebuah ponsel yang menawarkan kemampuan canggih, seringkali dengan PC-seperti fungsi (PC-mobile handset konvergensi). Tidak ada definisi standar industri smartphone. Bagi beberapa orang, sebuah smartphone adalah sebuah ponsel yang menjalankan perangkat lunak sistem operasi yang lengkap menyediakan antarmuka standar dan platform untuk pengembang aplikasi. Bagi orang lain, smartphone hanya telepon dengan fitur-fitur canggih seperti e-mail, Internet dan e-book reader kemampuan, dan / atau built-in keyboard lengkap atau eksternal USB keyboard dan VGA konektor. Dengan kata lain, itu adalah sebuah miniatur komputer yang memiliki kemampuan telepon.

Pertumbuhan permintaan untuk perangkat mobile canggih prosesor membual kuat, memori melimpah, layar lebih besar dan sistem operasi terbuka telah outpaced sisa pasar ponsel selama beberapa tahun.

Smartphone itu yang pertama bernama Simon; itu dirancang oleh IBM pada tahun 1992 dan ditampilkan sebagai sebuah konsep produk pada tahun itu di COMDEX, industri komputer pameran dagang yang diselenggarakan di Las Vegas, Nevada. Itu dirilis ke publik pada tahun 1993 dan dijual oleh BellSouth. Selain ponsel, itu juga berisi kalender, buku alamat, jam dunia, kalkulator, buku catatan, e-mail, mengirim dan menerima fax, dan permainan.

Tidak ada tombol fisik untuk dial dengan. Sebaliknya pelanggan menggunakan layar sentuh untuk memilih nomor telepon dengan jari atau membuat Faksimili dan memo dengan stylus opsional. Teks yang dimasukkan dengan unik di layar "prediktif" keyboard. Menurut standar sekarang, Simon akan menjadi cukup rendah produk akhir, namun dengan fitur ditetapkan pada waktu itu sangat maju.

Nokia Communicator garis adalah yang pertama dari smartphone Nokia dimulai dengan Nokia 9000, dirilis pada tahun 1996. Ini gaya khas komputer Palmtop smartphone adalah hasil dari usaha yang kolaboratif dari sukses awal dan model PDA mahal oleh Hewlett Packard dikombinasikan dengan telepon Nokia yang laris sekitar waktu itu dan model prototipe awal memiliki dua perangkat tetap melalui sebuah engsel; Nokia 9210 sebagai layar warna pertama Communicator model yang benar adalah yang pertama smartphone dengan sistem operasi terbuka; pada 9500 Communicator yang juga cameraphone pertama Nokia Communicator dan Nokia telepon WiFi pertama; yang 9.300 Communicator adalah dimensi ketiga beralih ke bentuk yang lebih kecil, dan terbaru E90 Communicator termasuk GPS.

Nokia Communicator model yang luar biasa juga telah menjadi model ponsel paling mahal yang dijual oleh merek besar selama hampir penuh dari model umur seri, dengan mudah 20% dan kadang-kadang 40% lebih mahal daripada berikutnya smartphone paling mahal oleh produsen besar.

Ericsson R380 itu dijual sebagai 'smartphone' tapi tidak bisa berlari asli aplikasi pihak ketiga. Meskipun Nokia 9210 ini bisa dikatakan yang pertama smartphone dengan sistem operasi terbuka, Nokia terus menyebutnya sebagai Communicator.

Pada Oktober 2001 meluncurkan Handspring Treo smartphone Palm OS, memanfaatkan keyboard lengkap yang digabungkan nirkabel browsing web, email, kalender dan kontak penyelenggara, dengan pihak ketiga ponsel aplikasi yang dapat didownload atau disinkronisasikan dengan komputer.

Pada tahun 2002 RIM merilis BlackBerry pertama yang merupakan smartphone pertama yang dioptimalkan untuk email nirkabel digunakan dan telah mencapai total pelanggan dari 8 juta pelanggan pada bulan Juni 2007, di mana tiga perempat berada di Amerika Utara.

Meskipun Nokia 7650, mengumumkan pada tahun 2001, yang disebut sebagai 'ponsel pintar' di media, dan sekarang disebut 'smartphone' pada Nokia dukungan situs, pers disebut sebagai 'ponsel imaging'. Handspring menyampaikan secara luas perangkat smartphone populer di pasar AS dengan menikahi yang berbasis Palm OS PDA Visor bersama-sama dengan telepon GSM piggybacked modul, VisorPhone. Pada tahun 2002, Handspring adalah pemasaran terpadu yang disebut smartphone Treo; perusahaan kemudian bergabung dengan Palm PDA terutama karena pasar sedang sekarat tapi Treo smartphone dengan cepat menjadi populer sebagai ponsel dengan fitur organizer PDA diperpanjang. Pada tahun yang sama, Microsoft mengumumkan Windows CE Pocket PC OS akan ditawarkan sebagai "Microsoft Windows Powered Smartphone 2002".

Microsoft awalnya didefinisikan dengan Windows Smartphone produk sebagai kekurangan touchscreen dan menawarkan resolusi layar yang lebih rendah dibandingkan dengan saudara Pocket PC perangkat. Palm kemudian memperkenalkan beberapa Windows Mobile smartphone di samping yang ada smartphone Palm OS, dan sekarang sudah ditinggalkan kedua platform yang mendukung Palm baru WebOS.

Pada tahun 2005 Nokia meluncurkan N-Series smartphone 3G yang Nokia mulai memasarkan ponsel bukan sebagai tetapi sebagai komputer multimedia.
Out of 1 miliar kamera ponsel akan dikirim pada tahun 2008, smartphone, semakin tinggi akhir pasar dengan dukungan email lengkap, akan mewakili sekitar 10% dari pasar atau sekitar 100 juta unit.

The Smartphone Summit semi detail konferensi tahunan industri smartphone data pasar, tren, dan pembaruan antara terkait smartphone hardware, software, dan aksesoris.
Android, platform silang OS untuk smartphone dirilis pada tahun 2008. Android adalah sebuah Open Source platform yang didukung oleh Google, bersama dengan perangkat keras utama dan pengembang perangkat lunak (seperti Intel, HTC, ARM, Motorola dan eBay, untuk beberapa nama), yang membentuk Open Handset Alliance .

Telepon pertama menggunakan OS Android HTC Dream, bermerek untuk distribusi oleh T-Mobile sebagai G1 . Fitur telepon penuh, layar sentuh kapasitif, flip out QWERTY keyboard, dan sebuah lagu bola untuk navigasi halaman web. Suite perangkat lunak disertakan pada ponsel terdiri dari integrasi dengan aplikasi milik Google, seperti Maps, Kalender, dan Gmail, dan juga Google Chrome Lite full HTML browser web. Aplikasi pihak ketiga yang tersedia melalui Android Market, termasuk aplikasi gratis dan berbayar.

SEMAKIN canggih smartphone tidak selamanya membawa keuntungan. Pasalnya, kecanggihannya dapat dengan mudah dimanfaatkan oleh para kriminal, bahkan dengan menggunakan trik lama.

Sebelumnya, ada peringatan tentang terjadinya peningkatan jumlah trojan berupa dialler (nomor dial-up) untuk mengakses internet melalui kabel telepon yang sempat populer. Kali ini, titik lemah yang digunakan melalui proses dial-up untuk mengakses internet di smartphone.

Bahayanya, saat dialler sudah masuk ke dalam sistem smartphone. Ini membuat seakan-akan pengguna smartphone melakukan panggilan, meskipun sebenarnya tidak. Tahu-tahu, tagihan pulsa membengkak. Tak tanggung-tanggung, panggilan yang dilakukan dapat mencapai 100 kali seharinya.

Celakanya lagi, dialler tersebut digunakan untuk melakukan sambungan ke sebuah jalur premium-call (panggilan premium) yang terkenal menyedot biaya besar. Para ahli mengatakan bahwa cara tersebut telah terbukti populer sebagai cara tercepat mendapatkan banyak keuntungan.

Dialler banyak terpampang di situs porno. Memang, tujuannya untuk mengincar pengunjung situs ini. Bagaimana caranya agar terhindar? Tutup seluruh dialler tersebut!