Your Ad Here

Cari by Google

18.10.09

Tips Merawat Bulu Pubis

Rambut / bulu pubis yang berfungsi sebagai penanda kedewasaan ini perlu dipotong supaya kulit di daerah itu dapat bernapas lebih leluasa. Dengan begitu organ reproduksi bisa lebih sehat. Banyak penyakit yang bisa tumbuh di daerah yang lembab tersebut seperti infeksi jamur, infeksi bakteri, dan investasi parasit.
Ada beberapa pilihan untuk merawat bulu pubis anda misalnya mencukur, mencabut atau menggunting. Berikut Tips merawat bulu pubis sesuai dengan kenyamanan Anda.


MencabutAnda bisa mencabut rambut pubis dengan menggunakan pinset, lilin, pencabut bulu elektrik, dan laser. Setelah dicabut, bulu akan hilang lebih lama. Hanya saja, prosesnya amat menyakitkan karena yang ditarik adalah akar rambut pada lapisan dermis kulit tempat persarafan nyeri berada. Jika pencabutan dilakukan dengan cara yang tidak tepat, bukan tidak mungkin akan terjadi luka. Meskipun dengan cara dicabut bulu lebih lama tumbuhnya, tapi diyakini bulu di daerah tersebut bisa tumbuh lebih lebat. Soalnya, pencabutan bisa meningkatkan pasokan darah ke folikel rambut/bulu tubuh dan membuatnya tumbuh lebih lebat.

Mencukur
Apa pun tekniknya, alat yang dipakai untuk memotong bulu pubis harus higienis, dan penggunaannya pun harus berlangsung aman dan nyaman. Adapun kelebihan teknik cukur, yaitu dapat dilakukan dengan lebih mudah, lebih cepat, dan lebih nyaman.
Kekurangannya, bila kebetulan alat yang dipakai tidak higienis dan karena terlalu keras menggeseknya lalu melukai kulit, maka dapat terjadi infeksi. Bisa juga bila untuk melembapkan bulu pubis digunakan krim/cairan/foam cukur yang bersifat alergenik, maka kemungkinan luka tersebut bertambah parah. Bila tidak ditangani segera akan menimbulkan penyakit lanjutan. Perlu diketahui juga, pemangkasan hingga licin akan menghilangkan fungsi proteksi bulu terhadap kulit di sekitarnya, terutama terhadap gesekan yang mungkin bisa memicu terjadinya luka.

Menggunting
Cara ini sangat mudah dilakukan dengan risiko luka atau nyeri yang lebih kecil, karena pengguntingan tidak dilakukan terlalu dekat ke kulit. Juga, dengan menyisakan sebagian batang rambut berarti tidak menghilangkan fungsi proteksi bulu pubis terhadap kulit di bawahnya. Namun, jika dilakukan sembarangan dengan gunting yang kotor kemudian terjadi luka, bisa saja terjadi infeksi. Kekurangannya, bulu lebih cepat tumbuh karena masih ada bagian yang tersisa. Kalaupun digunting pendek sekali, bagian pangkal rambut masih terlihat jelas, tidak seperti jika dicukur.