Your Ad Here

Cari by Google

6.9.09

tips membersihkan MAF Sensor Vios mesin mobil Vios

Pernah mengalami gangguan pada mesin mobil Vios Anda atau bahkan tidak mau hidup sama sekali? Mungkin masalahnya ada pada MAF (Mass Air Flow) sensor. Bila bagian ini kurang mendapatkan perawatan, bisa mengakibatkan partikel debu menumpuk sehingga mengganggu pengiriman data dari sensor ke ECU.

Performa mobil pun tidak bekerja optimal. Karenanya berikut langkah sederhana perawatan MAF Sensor Vios yang bisa Anda lakukan sendiri. Berikut tips membersihkan MAF Sensor Vios mesin mobil Vios anda :

  1. MAF sensor berada di atas boks filter udara yang mengarah ke Throttle body, sensor tersebut bisa menjadi kotor dan tidak bekerja sempurna setelah beberapa lama apalagi jika Anda menggunakan oiled filter. Untuk membersihkannya, pertama-tama sediakan obeng dan sebotol Electronic Cleaner. Copot harness clip, gunakan obeng untuk membuka sekrup yang menahan MAF-nya.
  2. Kemudian cabut MAF dari dudukannya dengan menariknya. Namun perlu hati-hati saat langkah ini agar tidak merusak seal yang berbentuk ring di bawahnya. Apabila telah terlepas, semprot temperatur sensornya dengan electronic cleaner. Bisa menggunakan kapas yang halus untuk mengelapnya. Lagi-lagi Anda harus hati-hati melap bagian ini.
  3. Setelah itu, semprot dengan electronic cleaner kawat yang ada di dalam air sensor. Ingat, bagian ini jangan dilap, gunakan udara aja untuk mengeringkannya. "Jangan pakai kompresor atau hair dryer juga, kawat-kawat ini rapuh, apabila rusak harganya mahal " ujar Budi Teknisi Mobil spesialis Toyota Vios.
  4. Bila dirasa sudah bersih, biarkan MAF-nya selama beberapa menit hingga benar-benar kering, dan pasang lagi di tempatnya dan kencangkan semua skup yang ada. Langkah terakhir gunakan electronic cleaner di connector atau harness clip yang tadi di copot, lalu biarkan sampai kering, kemudian pasang kembali.
  5. MAP sensor Anda kini sudah bersih. Rasakan perbedaannya sebelum dibersihkan. langkah ini bisa diterapkan pada mesin mobil Vios dengan kode mesin 1NZFE.